Jumat, Agustus 01, 2008

Mengapa Sinetron Barat?

Ya, mengapa saya suka menonton serial Barat, memutuskan untuk menulis blog tentang itu, apa saja isinya dan menamainya dengan "Sinetron Barat"?

Kesukaan saya pada serial Barat sebenarnya sudah bermula sejak saya masih kanak-kanak, ketika dahulu stasiun teve di Indonesia baru satu biji dan stasiun tersebut menayangkan Full House, Fun House, Little House on The Prairie, dan Bonanza. Kemudian, lambat laun bermunculan aneka stasiun teve swasta dan saya nikmati pula Knight Rider, Airwolf, TJ Hooker, Superboy, Time Trax, Charmed, Friends, dan sebagainya. Sampai pada suatu masa tatkala seluruh stasiun teve kehilangan akal warasnya dan membanjiri jam tayangnya dengan produk sinetron sampah, menyisakan satu-dua judul serial Barat saja yang itupun diputar pada jam-jam yang cuma orang insomnia atau jaga malam yang masih bangun. Jemu dan lelah mengkritik (atau mencaci maki) sinetron dan stasiun teve secara umum, saya pilih untuk tetap mendapatkan hiburan yang lebih berkualitas dengan menyewa saja DVD (bajakan) serial Barat yang beredar di rental. Nah, sebetulnya dalam soal DVD ini ada unsur self defense juga. Saya yang baru dibelikan pemutar DVD kesal lantaran DVD bajakan film jarang dilengkapi subtitel bahasa Inggris yang memadai, padahal keutuhan suatu karya penting bagi saya. Kala menyadari bahwa DVD serial Barat bisa dikatakan sembilan puluh persen bersubtitel baik, saya pun beralih ke sana. Dan setia sampai sekarang, sampai-sampai saat ini saya lebih paham perkembangan serial Barat ketimbang film.

Sudah saya implikasikan di atas bahwa saya menyukai serial Barat karena secara kualitas lebih baik dibandingkan sinetron lokal kita. Selain itu, saya bisa belajar mengenai kebudayaan dan nilai-nilai yang dianut masyarakat di belahan dunia seberang. Menonton serial Barat juga bagus untuk belajar listening dan tentu saja memperkaya kosakata slang. Buat saya yang bisa dibilang kurang pergaulan, menyaksikan serial Barat merupakan cara saya mempelajari karakter manusia. Pendek kata, ada banyak alasan mengapa saya suka serial Barat dan setiap serial bagus yang saya tonton menyumbangkan lebih banyak alasan lagi.

Sekarang, mengapa saya lantas menulis blog tentang serial Barat? Alasannya sederhana, saya ingin kecintaan saya pada serial Barat bisa menular pada orang lain dan saya berharap saya tidak sendiri dalam hal ini. Blog ini akan berisi tinjauan tentang macam-macam serial Barat yang sudah pernah saya tonton, mungkin beberapa tulisan tentang topik yang bersangkutan. Dasar penulisan saya adalah opini retrospektif yang sangat subjektif sehingga saya tidak berharap Anda sekalian akan setuju seratus persen. Dan Anda saya undang untuk berkomentar, mengkritik dan secara umum mendiskusikan serial Barat. Terakhir, mengapa blog ini dinamai "Sinetron Barat"? Sederhana, pada dasarnya serial Barat itu juga adalah sinetron, sinema yang menggunakan media elektronik. Ia terdiri dari episode-episode, cerita yang bersambung dan ditayangkan di televisi. Cuma dibandingkan dengan sinetron kita, serial Barat lebih terencana dan realistis. Jadi, saya rasa tak keliru menjuduli blog ini "Sinetron Barat".

Tidak ada komentar: