Selasa, Maret 31, 2009

Tontonan yang Tidak Ada Matinya

Saya pernah membaca di sebuah harian nasional bahwa serial Barat atau sinetron Barat, begitu istilah saya, adalah mata acara yang memiliki pemirsa tetap yang setia di Indonesia. Saya setuju dengan tulisan itu. Sinetron Barat memang cuma tampak segelintir, satu-dua judul yang ditayangkan acakadut di televisi swasta kita, kalah kuantitas dibandingkan dengan banjirnya acara-acara seragam musiman macam sinetron seri, gosip, berita kriminal dan sebagainya. Namun, tampaknya jenis acara ini memiliki pemirsa yang jauh lebih loyal.

Kapan mulainya sinetron Barat ditayangkan di Indonesia, saya kurang begitu tahu. Saya kira sudah cukup lama. Sinetron Barat pada tahun 1990-an merupakan menu tontonan saya sehari-hari, mulai dari yang ditayangkan di televisi pemerintah, maupun televisi swasta. Saya telah sebutkan berbagai judul sinetron Barat yang memikat perhatian saya pada tulisan pertama saya dulu, tak perlu saya ulangi di sini. Pada masa antara tahun 1990-an sampai 2000, ada saja judul sinetron Barat yang muncul di televisi. Banyak yang diputar pada jam tayang utama, seperti sinetron sekarang. Lambat laun jumlah sinetron Barat di televisi kian berkurang dan jam tayangnya tergeser makin malam sampai dini hari. Sinetron Barat kini menjadi barang langka di kancah dunia pertelevisian (tak berbayar) Indonesia.

Menghadapi kondisi seperti itu, bagaimana reaksi para penggemar sinetron Barat? Seperti penggemar yang loyal, tentu. Ada yang rela menunggu acara kesukaannya itu sampai malam hari (meski dengan jam tayang yang suka telat dan tak tentu). Ada yang mencari cara lain untuk dapat menikmati sinetron Barat favorit. Jalan bagi penggemar setia sinetron Barat terbuka lebar (walau rada ilegal) sekarang. Membanjirnya produk DVD bajakan, penetrasi akses internet yang meluas, itu penyebabnya. Di berbagai toko dan rental DVD yang saya pernah kunjungi, sinetron Barat berbagai judul biasanya dapat ditemui. Saya pernah geleng kepala ketika menyadari betapa sigapnya pembajak DVD memasukkan episode-episode yang baru tayang beberapa hari sebelumnya di negara asal sinetron Barat. Persoalan subtitel yang sering kacau dapat diatasi dengan mengunduh di internet. Peran penyedia layanan ungguh berkas lokal dan internasional juga penting. Banyak penggemar sinetron Barat mengunduh episode demi episode menggunakan sambungan internet kecepatan tinggi.

Dapat dikatakan bahwa pemirsa setia sinetron Barat itu eksis di Indonesia, meski jumlahnya barangkali tidak banyak-banyak amat. Mereka dengan berbagai cara berupaya agar dapat menyaksikan episode baru sinetron Barat kesayangan tanpa tergantung pada televisi lokal. Mereka juga memiliki forum-forum untuk mendiskusikan sinetron Barat yang diminati, saya sendiri aktif dalam satu forum. Pendek kata, sinetron Barat adalah tontonan yang tidak ada matinya, sepanjang masih ada semangat para pemirsa setianya.

Salam kepada semua penyuka sinetron Barat di seluruh Indonesia.

Tidak ada komentar: